Skip to content

BELANDA VS SPANYOL….(sebuah analisis seorang interisti)

Juli 9, 2010

Setelah berbagai drama dan kejutan telah mewarnai di piala dunia 2010, tiba saatnya partai puncak piala dunia di stadion Soccer City,Johannesburg.

belanda dan Spanyol adalah dua tim yang akan berlaga di stadion tersebut. Bila partai puncak nantinya akan digelar, maka akan diperoleh juara baru di piala dunia mengingat kedua tim ini belum pernah mengecap nikmatnya mengangkat trofi tersebut.

Belanda lolos dari fase grup dengan nilai sempurna.Denmark, Jepang, dan Kamerun berhasil dijinakkan.di babak knock-out Slovakia, Brazil dan uruguay juga berhasil dilumat. satu hal yang menjadi spesial adalah ketika belanda berhasil mengandaskan tim brazil dengan skor 2-1. terlihat hampir seluruh pemain bermain dengan semangat yang tinggi dan tidak gentar melawan tim samba, meski tertinggal duluan lewat gol Robinho. Berbeda dengan belanda, Spanyol lolos dari fase grup dengan sebuah noda dengan kekalahan melawan swiss. Tampil mengurung sepanjang pertandingan, Spanyol malah dikejutkan dengan gol swiss. Sepertinya di pertandingan ini, tim matador tidak dinaungi dewi fortuna. tapi akhirnya spanyol menunjukkan kelasnya, di babak selanjutnya tim-tim yang notabene sekelas berhasil dikalahkan. Mulai dari Portugal, Paraguay dan Jerman.

Sulit untuk memprediksikan siapa yang bakal juara, mengingat kemampuan yang mereka tunjukkan di babak-babak sebelumnya. Bila melihat kekuatan belanda, mereka memiliki kekuatan yang luar biasa terutama di sektor gelandang. Selain mengontrol permainan, para gelandang belanda juga piawai dalam hal mencetak gol. sampai saat ini, sektor gelandang menyumbang 8 gol untuk der oranje. tapi hal itu akan mendapat tantangan dari Spanyol. Berbekal pemain yang memiliki skill diatas rata-rata, spanyol mampu mengendalikan permainan setiap kali bertanding. Tercatat  Spanyol memiliki rata-rata penguasaan bola diatas 50 %, sebuah fakta yang menunjukkan kedigdayaan Spanyol. Para pemain el matador selalu mengedepankan kolektivitas dengan permainan bola pendek dan sentuhan satu dua yang cepat. Kelebihan ini sangat terlihat ketika melawan jerman. Die panzer yang sangat impresif di babak sebelumnya hanya mampu bermain bertahan dan menunggu kesempatan ketika menghadapi Spanyol.

Persaingan tidak hanya merambah antar-tim, tapi juga pemain kunci di masing-masing tim. di belanda diwakili oleh wesley sneijder dan di pihak belanda ada David Villa. Dua pemain ini akan bersaing untuk mencetak gol di pertandingan ini dan berusaha menjadi pencetak gol terbanyak. Villa dan Sneijder sama- sama mengoleksi 5 gol. para gelandang Spanyol akan senantiasa memberikan umpan-umpan matang kepada villa, untuk di  konversikan menjadi gol. Apalagi Villa adalah penyumbang gol terbanyak untuk tim spanyol.

david villa diharapkan mendulang

banyak gol

 

Untuk final kali ini, saya lebih menjagokan Spanyol ketimbang Belanda. La furia Roja memiliki motivasi berlipat untuk mengawinkan gelar juara dunia dengan piala eropa 2008. Spanyol menunjukkan mental juaranya meski pernah kalah dari swiss. Di samping itu, Pemain Spanyol senantiasa bergerak dan memainkan bola dari kaki ke kaki sehingga membuat lawan hanya mampu bermain lebih bertahan. Satu hal yang mungkin harus dicoba oleh spanyol adalah mencoba menekan di menit-menit awal, karena gol cepat akan semakin menaikkan mental bertanding. la furia roja  será el campeón !!!!!!

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: