Skip to content

Bonsai-Belida Bridge in Action

Januari 20, 2011

nama yang lumayan aneh bila didengar..(bonsai-belida bridge???). yach walaupun begitu, nama jembatan ini ada maknanya lo..yaitu lokasi tempat jembatan ini dibuat, bonsai lokasi rumahnya indah kalo belida rumahnya wak yan. hampir seminggu waktu efektif mengerjakan miniatur jembatan ini, mengingat lokasi rumah tim kita yang nggak deket2. jembatan ini sengaja dirancang mengingat tugas yang diberikan pada suatu mata kuliah perbakom. Ini adalah inisiatif dari bapak Ir.H. Yakni Idris, MSCE selaku pengasuh mata kuliah perancangan dengan bantuan komputer.Beliau ingin para mahasiswanya mampu mengaplikasikan jembatan yang telah dirancang secara teori kemudian diwujudkan secara nyata dalam wujud prototype. setelah mencari-cari siapa saja anggota tim, didapatlah 11 orang termasuk saya. ke-11 orang itu adalah charles tanzil, rio bagus,fajri ramadhani,m.risko, dwi febrina,tina s, indah,debby,yan,dewi dan aku. lewat diskusi yang lumayan cepat, diputuskan model jembatan yang akan dipakai serta perhitungannya.

proses pembuatan jembatan

 

 

sekitar beberapa hari dari diskusi teori, jembatan langsung dirancang bentuk nyatanya. nampak gambar di atas saudara ali kamil (hehehe..saya sendiri) sedang mengukur batang tegak, setelah batang atas yang lengkung telah terpasang. kayu yang dipakai merupakan kayu jenis meranti berkelas rendah dengan ukuran 2×3 cm & 1×2 cm. sambungan yang dipakai yaitu berupa paku dan juga menggunakan lem. dan setelah dilakukan finishing pengerjaan, akhirnya …..tarraaa..

 

jembatan setelah finishing

 

alhamdulillah jembatan akhirnya selesai juga lebih cepat dari deadline. tanggal 18 januari 2011, jembatan mulai diuji. untuk pengujian kali ini digunakan laboratorium beton jurusan teknik sipil universitas sriwijaya.

 

bonsai-belida bridge crew


sayang foto saat pelaksanaan pengujian tidak bisa dipublikasikan karena tidak ada. tapi untung masih sempet pose setelah pengujian (cheers..). finally, trims buat rekan-rekan satu tim yang telah bekerja keras supaya prototype jembatan ini dapat terwujud. amplasers (dwi,dewi,tina, deby ma indah), kerja mantap kawand..:D. & rekan – rekan cowok yang lain. tukang gergaji, paku, ngu-kur komplit dah. semoga apa yang kita lakukan berbanding lurus dengan hasil yang ingin dicapai..aamiin. sekian dulu bro, jumpa lagi di catatan perjalananku selanjutnya.

AK-47


Iklan
4 Komentar leave one →
  1. mayrin permalink
    Januari 20, 2011 11:14 am

    wahh prototypenya boleh jg ni buat perlombaan di engeenering fair feb-mar (lomba prototype antar jurusan) kalo ada yg lain kak… untuk proses nya ditulis aja kaya mading disertai foto trus uji kekuatannya ^_^

  2. Maret 31, 2011 3:45 pm

    soal kekuatannya gimana?
    hasilnya lumayan?

  3. Mei 28, 2011 5:04 pm

    sbenarnya ga terlalu besar mas,sewaktu diuji..cuma 250 kg..tapi sesuai estimasi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: